Minggu, 31 Oktober 2010


ILAB














Usia mahasiswa yang mulai beranjak dari masa remaja menjadi masa dewasa, perlu diisi dengan pembelajaran sikap-sikap kedewasaan. Salah satu sikap kedewasaan adalah bertanggung-jawab pada dirinya sendiri. Masa depannya adalah tanggung-jawabnya sendiri, karenanya setiap mahasiswa harus memiliki sikap “tidak membuang-buang waktu” untuk hal-hal yang tidak membawa manfaat bagi dirinya. Kesalahan dalam bersikap akan membawa konsekuensi yang harus dipertanggung-jawabkan pada dirinya.
Terkait dengan sikap bertanggung-jawab di atas adalah sikap kemandirian. Kita tidak boleh atau tidak dapat menyerahkan masa depan kita pada orang lain. Sedikit-banyak, masa depan kita tergantung pada apa yang sedang kita lakukan saat ini. Karenanya, saat ini kita harus berbuat sesuatu yang dapat membantu pencapaian cita-cita masa depan. Untuk itu setiap mahasiswa harus memiliki komitmen pada diri sendiri, mana yang perlu atau harus dilakukan dan mana yang tidak perlu atau tidak harus dilakukan. Memang, tidak semua keinginan kita dapat terwujud, karena setiap manusia pasti memiliki kendala atau kekurangan. Karenanya, kita perlu memiliki strategi, prinsip, dan keyakinan diri agar dengan adanya kendala apapun, cita-cita masa depan pasti akan terwujud.
Dengan konsep kemandirian dan strategi pembelajaran kedewasaan, mulai tahun akademik PTA 2008/2009, iLab hadir bukan hanya sekadar tempat praktikum, namun lebih dari itu, ILab menempa setiap praktikan agar memiliki pribadi yang mandiri dan memiliki sikap tanggung-jawab yang tinggi atas (keputusan yang diambil oleh) dirinya sendiri.
Berbeda dengan laboratorium komputer regular yang dimiliki oleh setiap program studi, konsep dari iLab adalah praktikum mandiri. Praktikan mengerjakan praktikum secara mandiri, tidak ada asisten praktikum seperti di laboratorium reguler lainnya yang biasanya diminta membantu para praktikan jika ada kesulitan. Semua perintah, langkah-langkah pengerjaan praktikum, dan permintaan jawaban atas suatu persoalan yang berkaitan dengan praktikumnya, dapat dilakukan melalui terminalnya masing-masing.
Meski secara konsep berbeda, namun demikian, para mahasiswa peserta praktikum (praktikan) yang diperkenankan praktek di iLab adalah mahasiswa yang ditunjuk atau ditentukan oleh pejabat laboratorium komputer di setiap program studi.

1. ILAB
> Terdiri dari
 A.Pengenalan ilab :
 Menjelaskan maksud dan fungsi ilab. Yang terdiri dari (sub layanan Pengenalan ilab) : Peta lokasi ilab, Akses menuju ilab, Denah kampus H, dan Panduan menuju ilab.
B.Tata Tertib ilab :
Menjelaskan peraturan ,dan ketentuan selama mengikuti praktikum. Yang terdiri dari (sub layanan Tata tertib ilab) : Tata tertib memasuki ruang ilab, Tata tertib berpakaian, dan Prosedural keikutsertaan praktikum.

2. PRAKTIKUM
> Terdiri dari
A. Tutorial Praktikum :
 Menjelaskan tahap-tahap selama mengikuti praktikum yg  terdiri dari (sub layanan Tutorial praktikum ) : Pra praktikum, Login, Pretest, Lab activity, Post test, Ubah jadwal, dan Logout.
B. Modul Praktikum :
Menjelaskan materi-materi sebagai bahan praktikum yang akan diujikan. Yang terdiri dari (sub layanan Modul praktikum) : LAB SI, LAB TI, LAB AKUNTANSI, dan LAB MANAJEMEN.
3. ADMINISTRASI
> Terdiri dari
A. Download Jadwal :
Berisi tentang skema jadwal yg harus di download oleh mahasiswa Universitas Gunadarma, untuk melihat jadwal praktikum yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa tersebut. Yang terdiri dari (file zip) Download Nomor Terminal Untuk Tingkat 1 (kelas 1), Download Nomor Terminal Untuk Tingkat 2, 3, 4 dan berisi skema jadwal praktikum (per kelas dan no praktikum) yang dapat dilihat oleh mahasiswa Universitas Gunadarma.
B. Sistem Penjadwalan Praktikum :
Berisi tentang Tata Tertib Penjadwalan Praktikum bagi mahasiswa Universitas Gunadarma, dan berisi Sistem Penjadwalan, Praktikum Pengganti, Sesi Praktikum, dan Keterlambatan.
4. REGISTRASI KELAS 1
> Terdiri dari
A. Prosedur Praktikum Ilab Untuk Kelas 1 :
Berisi tentang tahap-tahap dalam registrasi Ilab yang terdiri dari (tahap-tahap) : Aktivasi Akun Ilab, Cetak Kartu Praktikum, dan Praktikum Ilab.

B. Registrasi Kelas 1 :
Berisi tentang langkah-langkah dalam aktivasi Akun Ilab .
C. Cetak Kartu Praktikum :
Berisi langkah-langkah untuk mencetak kartu Praktikum, dan Syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum mencetak kartu praktikum.

5. SEARCH
Fitur tambahan dalam website Ilab, untuk mencari informasi seputar Ilab.

Kekurangan Layanan :  Tidak ada menu layanan record nilai terakhir praktikum, karena user/praktikan perlu mengetahui nilainya, dan sedikit terlambat mengupload materi baru untuk kelas 1

Kelebihan Layanan : Pada layanan utama Ilab terdapat fitur yang berisi tentang pengumuman dan informasi yang up to date dan bermanfaat bagi mahasiswa Universitas Gunadarma (praktikan Ilab).
Terdapat fitur SEARCH yang dapat memudahkan user untuk mencari informasi seputar ilab dan ilab sangat ramah/mudah bagi para pengunjung

6. DAN LAIN-LAIN

A. External Link

B. Contact Info

Integrated Laboratory Building
Gunadarma University

Jl. Akses UI, Kelapa Dua, Depok,
Cimanggis, 16951, Indonesia
 Telp: (021) 872-8703

C. About Ilab

Dengan konsep kemandirian dan strategi pembelajaran kedewasaan, mulai tahun akademik PTA 2008/2009, iLab hadir bukan hanya sekadar tempat praktikum, namun lebih dari itu, iLab menempa setiap praktikan agar memiliki pribadi yang mandiri dan memiliki sikap tanggung-jawab yang tinggi atas (keputusan yang diambil oleh) dirinya sendiri.


http://www.ilab.gunadarma.ac.id/Info/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar